melepas cylinder dan piston

Gigi transmisi dalam mesin sepeda motor

gigi transmisi terdiri dari

1. Input shaft

Komponen pertama dari transmisi manual sepeda motor adalah input shaft, yaitu sebuah tangkai besi berupa silinder yang terletak pada kutub kopling motor. Fungsi input shaft adalah menangkap perputaran dari kopling dan meneruskannya ke gear set di dalam transmisi.

2. Input gear

Input gear adalah roda gigi yang terletak dan melekat pada input shaft. Komponen transmisi manual sepeda motor ini berperan sebagai gigi pemutar yang digunakan untuk menggerakkan roda gigi counter. Input gear biasanya memiliki ukuran yang lebih kecil daripada konter gear untuk memperbesar perbedaan gigi.

3. Output shaft

Output shaft adalah tangkai besi berupa silinder yang terletak di belakang input shaft. Meskipun berada di belakang input gear, output shaft tidak terhubung dengan input shaft. Kecepatan putar input shaft tidak mempengaruhi kecepatan putar output shaft. Output shaft dan roda gigi pengubah peristiwa diletakkan bersama.

4. Output gear

Output gear berperan sebagai driven gear yang memutar rantai agar motor dapat bergerak. Gigi output biasanya terletak di luar gear box karena terhubung dengan rantai motor.

5. Speed gear

Speed gear adalah komponen transmisi manual sepeda motor yang terletak atau dipasang sejauh output gear. Kecepatan putar speed gear tidak mempengaruhi putaran output shaft karena speed gear tidak terhubung dengan output shaft. Namun, speed gear selalu terhubung dengan roda gigi konter. Ketika motor dinyalakan, speed gear akan berputar karena konter gear berputar.

Di salah satu sisinya, speed gear memiliki nut yang dapat terhubung dengan sliding gear saat sliding gear bergerak dan melekat pada speed gear. Jumlah speed gear pada transmisi tergantung pada jumlah tingkat percepatan transmisi. Transmisi 4 percepatan memiliki 4 speed gear dengan diameter yang bervariasi.

6. Counter gear

Counter gear adalah roda gigi yang berperan sebagai distributor. Fungsinya adalah menyalurkan perputaran dari input gear ke masing-masing speed gear. Jumlah roda gigi pada konter gear tergantung pada jumlah speed gear. Transmisi 4 percepatan dapat memiliki 4 gigi konter dan satu gigi input yang memiliki diameter yang berbeda.

7. Sliding gear

Sliding gear merupakan roda gigi yang terhubung dengan output shaft. Kecepatan putar sliding gear sama dengan kecepatan putar output gear. Sliding gear diberi nama karena bisa berubah (slide). Pergeseran roda gigi pada sliding gear ditujukan agar roda gigi ini dapat terhubung dengan salah satu speed gear. Lokasi sliding gear berada di antara dua speed gear. Sliding gear berperan dalam memilih percepatan

8. Tuas transmisi

Tuas transmisi adalah salah satu komponen dari transmisi manual sepeda motor yang berperan sebagai input untuk mengatur percepatan transmisi. Komponen transmisi ini umumnya cukup sederhana karena hanya bergerak naik dan turun.

9. Selector Arm

Selector arm adalah lengan yang terletak setelah tuas transmisi, yang akan bergerak setelah Anda menekan atau mengangkat tuas transmisi. Bentuk dari lengan ini memiliki dua pengait yang berada di bagian atas dan bawah. Fungsi pengait ini adalah untuk menggerakkan selector drum.

10. Overshift arm

Lengan ini terletak berseberangan dengan selector arm dan berfungsi untuk menghentikan putaran selector drum agar tidak berlebihan. Overshift arm terhubung dengan tuas transmisi. Sehingga saat tuas transmisi ditekan, dua lengan ini akan mengarah ke atas.

11. Arm return spring

Setelah menekan tuas transmisi, tuas akan kembali ke posisi awal. Hal yang sama juga terjadi pada selector arm dan overshift arm, dua komponen ini akan kembali ke posisinya masing-masing. Untuk mencegah putaran yang berlebihan pada selector drum, kedua lengan ini memiliki kekuatan untuk kembali ke posisi semula.

Bentuk luar overshift arm yang agak miring membuat lengan ini kembali ke posisinya secara otomatis saat bergerak kembali. Arm return spring berperan untuk mengembalikan posisi lengan saat kembali ke posisi semula.

12. Selector pin

Selector pin adalah sebuah tangkai kecil yang terletak di ujung selector drum. Komponen transmisi manual sepeda motor ini berfungsi sebagai media untuk memutar selector drum. Saat tuas transmisi digerakkan, selector arm akan menggerakkan bagian ini sehingga selector drum dapat berputar.

13. Selector drum

Selector drum adalah komponen khusus dalam proses peralihan gigi pada transmisi manual sepeda motor. Komponen ini bekerja dengan berputar-putar. Namun, pada permukaan drum terdapat benang atau jalur yang berliku.

Jalur ini berfungsi sebagai tempat shift fork, sehingga saat drum berputar-putar, shift fork akan bergerak ke kanan dan kiri sesuai dengan lekukan jalur. Gerakan ini digunakan untuk mengalihkan sliding gear.

14. Shift fork

Komponen terakhir pada transmisi manual sepeda motor adalah shift fork, yang berfungsi untuk mengalihkan status sliding gear agar dapat berhubungan dengan salah satu speed gear. Pada satu unit transmisi manual, dapat ada tiga shift fork untuk transmisi lima percepatan dan dua shift fork untuk transmisi empat percepatan.

Diatas merupakan komponen transmisi manual pada seped motor dan fungsinya.

Komentar